Minggu, 19 Oktober 2014

Teori Organisasi Umum


1.       Pengertian dan definisi organisasi

      Menurut KBBI organisasi adalah kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dl perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu atau kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama.
      Sedangkan menurut para ahli :
1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  2.       Tata Kerja dalam Manajemen
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana ( how ) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang baik suatu mamajemen akan berjalan rapi dan sesuai dengan tujutan semula. Kita pasti ingin sesuatu yang kita menej, berjalan dengan baik.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
  1.       Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  2.       Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
  3.       Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Hubungan tata kerja dengan manajemen seperti di bawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
Hubungan Antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja ( Metode )
Ilmu pengetahuan mengenai hubungan-hubungan antara ketiga pokok bahasan, yaitu Hubungan Manajemen dan Organisasi, Hubungan Manajemen dan Tata Kerja dan Hubungan Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja.

  3.       Ciri-ciri Organisasi
Seperti telah diuraikan di atas bahwa organisasi memiliki tiga unsur dasar, dan secara lebih rinci organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a.    Adanya suatu kelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal,
b.    Adanya kegiatan yang berbeda-beda, tetapi satu sama lain saling berkaitan (interdependent part) yang merupakan kesatuan kegiatan,
c.    Tiap-tiap orang memberikan sumbangan atau kontribusinya berupa; pemikiran, tenaga, dan lain-lain,
d.   Adanya kewenangan, koordinasi dan pengawasan,
e.    Adanya tujuan yang ingin dicapai.
  4.       Unsur Unsur organisasi
Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat disimpulkan bahwa setiaporganisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
·         Orang-orang (sekumpulan orang),
·         Kerjasama,
·         Tujuan yang ingin dicapai.

  5.       Teori Organisasi
Teori Organisasi adalah suatu teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi, kajiannya yaitu bagaimana caranya membahasbagaimana sebuah organisasi dalam menajalankan fungsi dan menerapkan visi dan misi organisasi tersebut. Lingkungan kerja suatu organisasi dapat mempengaruhi dan terpengaruh oleh orang di dalam suatu organisasi tersebut.
Teori Organisasi Klasik
Teori klasik (classical theory) atau disebut juga teori tradisional, isinya berupa konsep tentang organisasi dari abad 19, definisi organisasi sebagai struktur hubungan, kekuasaan, tujuan, peranan, kegiatan, komunikasi dan faktor lain yang terjadi karena terlibat kerja sama antar orang.
Teori Organisasi Neoklasik
Teori neoklasik dikenal sebagai teori/aliran hubungan manusiawi (The human relation movement). Teori ini dikembangkan atas dasar teori klasik. 
Teori Organisasi Modern
Herbert Simon menandai teori modern dengan lahirnya gerakan contigency yang menyatakan teori organisasi perlu melebihi prinsip-prinsipyang dangkal dan disederhanakan untuk suatu kajian mengenai kondisi yang dapat diterapkan prinsip saling bersaing.
  6.       Macam macam Organisasi
·         UN = United Nation = PBB (1945)

·         UNICEF = United Nations International Childrens Emergency Fund (1946), namun namanya diganti setelah thn 1953 menjadi: United Nations Children’s Fund.
·         UNESCO = the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (16 November 1945)
·         UNCHR = United Nations Commission on Human Rights (2006)
·         UNHCR = Uited Nations High Commissioner for Refugees (14Desember 1950)
·         UNDPR = The United Nations Division for Palestinian Rights (2 Desember 1977)
·         UNSCOP = The United Nations Special Committee on Palestine (May 1947, oleh 11 negara)
  7.       Tipe tipe dalam organisasi
·         Organisasi Garis (Line Organization)
Organisasi Garis adalah tipe organisasi yang tertua dan paling sederhana. Dalam organisasi garis, tugas-tugas perencanaan, pengendalian dan pengawasan berada satu tangan garis kewenangan (line authority) langsung dari pimpinan kepada bawahan. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol.
·         Organisasi Garis dan Staf (Line and Staff Organization)
Tipe organisasi garis dan staf pada umumnya digunakan untuk organsasi yang besar. Daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang-bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit.
·         Organisasi Fungsional (Functional Organization)
Pada umumnya yang dimaksud dengan organisasi fungsional adalah yang disusun berdasarkan sifat dan macam-macam fungsi yang harus dilaksanakan.
·         Organisasi Panitia (Commit Organization)
Tipe organisasi panitia pada umumnya dibentuk dalam waktu yang terbatas untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu.
  8.       struktur dan skema organisasi
A.    Pengertian Arti Definisai Struktur Organisasi
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasimenggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang.
B.     Elemen Struktur Organisasi
Empat elemen dalam struktur organisasi yaitu :
1.      Adanya spesialisasi kegiatan kerja
2.      Adanya standardisasi kegiatan kerja
3.      Adanya koordinasi kegiatan kerja
4.      Besaran seluruh organisasi.
BENTUK ORGANISASI
Berdasarkan Proses Pembentukannya
·         Organisasi Formal
Organisasi yang dibentuk secara sadar dan dengan tujuan tertentu diatur dengan ketentuan formal baik dalam anggaran dasar maupun anggaran rumah tangga, kegiatan atau hubungan yang terjadi adalah hubungan jabatanyang telah diatur dalam ketentuan tertulis
·         Organisasi Informal
Terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, tujuan tidak jelas, anggaran dasar serta anggaran rumah tangga tidak ada, hubungan terjalin secara pribadiBerdasarkan Kaitan Hubungan dengan Pemerintah
·         Organisasi Resmi
Organisasi yang di bentuk dengan pemerintah dan atau harus terdaftar dalam lembaran Negara.
·         Organisasi Tidak Resmi
Organisasi yang tidak ada hubunganya dengan pemerintah dan atau tidak terdaftar dalam lembaran Negara Berdasarkan Skalanya:
-  Organisasi besar
- Organisasi sedang
-  Organisasi kecil
Berdasarkan tujuannya:
-  Organisasi Sosial
Organisasi yang tujuan utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa memperhitungkan untung rugi
-  Organisasi Perusahaan
Organisasi yang didirikan dengan tujuan komersil atau mencari keuntungan.
Berdasarkan bagan organisasi:
-  Segitiga Vertikal
-  Segitiga Horosontal
-  Kerucut Vertikal Horisontal
-  Lingkaran
-  Setengah lingkaran
-  Oval
SKEMA ORGANISASI
Skema atau bagan organisasi adalah suatu lukisan yang dimaksudkan untuk menggambarkan susunan organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan maupun rentang kendalinya.
1.       Macam-macam Skema Organisasi:
Berdasarkan teknik atau cara membuatnya:
-  Skema organisasi Tegak Lurus dari atas kebawah
-  Skema organisasi Mendatar dari kiri kekanan
-  Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
-  Skema Organisasi Lingkaran
-  Skema Organisasi Gambar

Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya:
-  Skema Organisasi Fungsional menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-funsi yang lain.
-  Skema Organisasi Jabatan menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.
-  Skema Organisasi Nama menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan.
-  Skema Organisasi Nama dan Jabatan menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalamsuatu organisasi.
-  Skema Organisasi Struktur menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut.

Sumber :
http://kbbi.web.id/organisasi
        http://bangbiw.com/pengertian-tentang-organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/
        http://tangkaslubis.blogspot.com.es/2010/10/stuktur-dan-organisasi.html?m=1
        http://zeincom.wordpress.com/2011/10/22/mtkot/
        http://sifafauziah692.wordpress.com/2013/10/23/organisasi-dan-manajemen/    http://thekicker96.wordpress.com/struktur-dan-skema-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar